Mulai Ngeblog Niihhhh….

Mulai ngeblog itu sebenarnya rada gampang-gampang susah, tapi kebanyakan dari kita biasanya bingung sendiri, dari mana mulainya nih…?

Pertama; Tentuin Tujuan

Apa tujuan kita ngeblog? Ada kepentingan khusus, nggak? kalo nggak punya tujuan maka sudah pasti blog kita nantinya bakalan basi dan nggak jelas arah tujuannya mau kemana, dan kita juga jadi nggak konsisten ngurusin blog kita.

Selain mikir, ngeblog juga butuh waktu dan tenaga. Jangan sampai dah semuanya sia-sia karena nggak punya tujuan yang jelas.

Kedua; Cari Topik yang Enak

Pilih topik yang benar-benar buat kita nyaman dan nggak bosenin. Apalagi sesuai hobi atau keahlian kita. Klao milih topik yang kita sendiri kagak begitu suka, maka blog biasanya nggak akan bertahan lama.

Ketiga; Pilih layanan ngeblog

Banyak layanan yang dapat kita pake untuk ngeblog, seperti WordPress.com, Blogger.com, Tumblr.com dan temen-temennya. Semuanya punya kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Kalo menurut gue sih wordpress.com adalah pilihan yang bagus. Selain karena gratis, juga rada gampang digunakan untuk pemula.

Keempat; Mulai Nulis Daahh…

Naahh… kalo sudah punya blog maka yang paling penting adalah mengisi blog kita dengan tulisan. Mulailah menulis apa saja yang ingin kalian tulis sesuai dengan topik yang sudah sobat tentukan.

Kelima; Mempercantik blog

Hal yang sebenernya tidak begitu penting dilakukan oleh blogger pemula tapi gak ada salahnya kalo dilakukan asal tidak berlebihan.

Kalian bisa mengganti template atau tampilan blog dengan yang lebih bagus, pasang widget-widget agar semakin indah dipandang dan lain-lain. Tapi ingat! jangan berlebihan karena kebanyakan blogger pemula ketagihan gonta-ganti template atau tampilan yang akhirnya hanya membuang-buang waktu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s